NASA mungkin mengirim drone ‘Dragonfly’ ke dunia asing

0
327
Singkatnya: Bulan Saturnus yang terbesar, Titan, adalah kandidat yang menjanjikan untuk kehidupan di luar bumi. NASA mungkin mengirim drone "Dragonfly" untuk menjelajahi permukaan Titan
Dengan lautan dan metana danau terluas, Titan adalah kandidat utama untuk mencari kehidupan di luar bumi. Sementara pengetahuan kita tentang bulan terbesar Saturnus tumbuh sangat berkat misi Cassini yang sekarang sudah tidak berfungsi, pertanyaan apakah Titan adalah rumah bagi bentuk kehidupan primitif tetap merupakan misteri. Kini, pilihan terakhir Titan dari NASA sebagai kemungkinan untuk eksplorasi lebih lanjut di bawah misi New Frontiers berikutnya mengindikasikan bahwa mereka mungkin menginginkan lebih banyak jawaban. Dipilih dari sebuah lapangan dengan 12 kemungkinan, NASA memilih pilot quad-copten yang dikenal sebagai “Dragonfly” sebagai satu dari dua finalis untuk misi berikutnya yang bernilai hampir miliar dolar. Drone “Dragonfly”, seperti senapannya, akan melayang di antara berbagai bagian permukaan Titan untuk mempelajari lanskap bulan dan kelayanya.

Pesaing yang lain adalah sebuah misi ke komet 67P / Churyumov-Gerasimenko, di mana seorang pendarat akan merobek sepotong inti komet dan mengembalikannya ke Bumi untuk dipelajari lebih lanjut.

Pesawat tak berawak bertopang plutonium akan bergantian antara melakukan pengukuran di permukaan bulan dan terbang dari satu tempat ke tempat lain, menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer dengan setiap penerbangan.

** Eksplorasi luar angkasa

Elizabeth Turtle, peneliti utama Dragonfly dari Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins, mengatakan kepada HUB, “Titan adalah dunia laut yang menakjubkan. Ini adalah satu-satunya bulan di tata surya dengan atmosfer, cuaca, awan, hujan, dan danau cair dan laut yang padat, dan cairan itu adalah etana dan metana. Ada begitu banyak sains dan penemuan menakjubkan yang harus dilakukan di Titan. “Selama telekonferensi NASA pada tanggal 20 Desember 2017, Turtle mengatakan bahwa Dragonfly diperkirakan akan mendarat di Titan pada tahun 2034.

Banyak ilmuwan telah membandingkan kondisi di permukaan Titan dengan kondisi yang mungkin ada di awal Bumi. Sebenarnya, NASA bahkan menyatakan bahwa, “Dalam banyak hal, bulan terbesar Saturnus, Titan, adalah salah satu dunia yang paling mirip Bumi yang pernah kita temukan sampai sekarang.” Jadi, bahkan jika kehidupan tidak pernah ditemukan di Titan itu sendiri, itu bisa menjadi sebuah tempat yang ideal untuk mengeksplorasi bagaimana kehidupan terjadi di Bumi.

 

Leave a Reply